Cara Membuat Tulisan Berjalan (Marquee) Pada Blog


Tutorial kali ini merupakan panduan mendasar  bagi para pemula dalam memberikan atribut bagi sebuah blog. Teks atau tulisan berjalan pada umumnya, banyak digunakan untuk memberikan tampilan berbeda pada sebuah teks atau tulisan bahkan hingga artikel yang dibuat pun dapat dimodifikasi agar tulisannya nampak berjalan-jalan. Dalam bahasa HTML sendiri teks tulisan berjalan ini kerap disebut dengan Marquee. Marquee mungkin merupakan bahasa pemograman yang memiliki arti teks yang berjalan. Namun hingga saat ini dikalangan para pengelola blog dan HTML marquee dikenal memiliki fungsi untuk dapat membuat tulisan dapat berjalan. 
Teks tulisan berjalan atau marquee ini pada umumnya banyak ditempatkan pada bagian atas atau bagian bawah halaman blog, dan sedikit sekali yang memasangnya dibagian sidebar. Lalu bagaimana cara membuat tulisan berjalan di blog.
Berikut Ini Langkah-Langkahnya:
1.         Langkah yang pertama, buka browser pada komputer, sementara tunggu hingga halaman browser dimunculkan. 
2.         Selanjutnya log in ke blogger dengan cara masuk pada link “Blogger.com” kemudian log in dengan menggunakan akun gmail dan masukan password. 
3.         Selanjutnya, jika sudah masuk pada halaman dashboard, silahkan klik tombol anak panah kecil yang berada tepat disamping tombol Lihat Blog, kemudian pilih menu Template. 
4.         Anda bisa mencari kode HTML yang lebih bervariasi di internet untuk dapat membuat teks tulisan berjalan. Caranya tinggalkan sebentar halaman ini. Kemudian buka tab baru. 
5.         Pada tab baru anda bisa mencari kode HTML untuk dapat membuat teks tulisan berjalan. Jika sudah didapat kembali ke halaman template HTML blog. Dan berikut ini kami berikan salah satu kode HTML untuk dapat membuat tulisan berjalan.  <marquee direction='left' scrollamount='5'><font color='black' size='3'>Tuliskan Deskripsi Yang Akan Anda Tampilkan</font></marquee>
6.         Kemudian pada kolom HTML silahkan cari kode </head>, untuk mempermudah anda menemukan kode ini, silahkan tekan CTRL+F dan ketikan kode tadi pada kolom pencarian. 
7.         Setelah didapat, silahkan letakan kode HTML diatas tepat dibawah kode Head tadi. Jika sudah selesai, simpan template dengan menekan tombol Simpan. 
Keterangan : 
Left : arah teks berjalan dari kiri menuju ke kanan. Namun jika anda ingin merubah arahnya secara terbalik, maka rubah tulisan menjadi Right. 
5 : Kecepatan Teks berjalan, semakin tinggi angak yang dipasang maka akan semakin cepat tulisan berjalan. 
3 : ukuran huruf (Font Size). Ukuran ini juga bisa anda sesuaikan, jika huruf atau font dirasa kurang cukup. 
Untuk Lebih Jelas Klik Video di bawah ini:










0 komentar