Cara Menghemat Memori Di Perangkat Android


CepatPintar.Com.Para pengguna Perangkat android, baik dari smartphone maupun tabletnya yang berbasiskan android sangat dimanjakan dengan tersediannya jutaan aplikasi mulai dari game, media sosial, layanan produktivitas, hingga berbagai jenis aplikasi lainnya yang dapat diunduh dari google play store. Dengan banyaknya aplikasi ini menjadi penyebab rata rata penguna android gemar mengkoleksi dan menganti aplikasi.

Dengan seringnya dan banyaknya aplikasi yang di ganti dan diunduh Perangkat android smartphone maupun tablet akan menjadi lemot dikarenakan banyaknya aplikasi yang di unduh atau di instal di perangkat tersebut yang dapat menghabiskan kapasitas RAM yang tersedia pada perangkat tersebut. Untuk mengatasi hal ini sebenarnya para produsen sudah memberikan solusi di mana sekarang ini sudah banyak perangkat tersebut di pasarkan dengan RAM yang cukup besar mulai dari 1 GB sampai dengan 3 GB agar penguna android dapat mengunduh aplikasi yang banyak tersedia di google play store.

Selain memperbesar kapasitas RAM, ada pula cara lain yang mudah atau bisa diterapkan langsung oleh para pengguna Perangkat android smartphone maupun tablet dengan menghemat penggunaan memori internal dengan 2 cara yang mudah di antaranya sebagai berikut:


  •  Membersihkan Cahce

Dimana Cache sendiri berfungsi untuk merekam sejarah data penggunaan aplikasi untuk lebih mempercepat proses penggunaan sebuah aplikasi dengan menghapus chace setidaknya memori internal akan sedikit lebih lega kapasitasnya dengan cara atau totorialnya sebagai berikut. 

Masuk ke menu chatting >> General >> APPS >> lalu pilih aplikasi yang akan dibersihkan chache nya  >> clear chace.


  • Memindahkan apkilasi dari memori internal ke eksternal

Cara yang kedua ini tentunya sangat atau lebih banyak penhematan kapasitasnya dikarenakan aplikasi yang berada di memori internal kita pindahkan ke memori tambahan atau exsternal dengan cara sebagai berikut. Masuk ke menu Setting >> apps >> manage application >> dan pilihlah aplikasi yang ingin dipindahkan dengan lalu cari perintah move to SD Card. Atau jika ingin lebih mudah anda dapat mengunakan aplikasi tambahan dengan mengunduhnya di google play untuk cara yang satu ini.

Itulah tutorial cara menghemat memori di perangkat android semoga informasi ini dapat berguna bagi anda dan penguna android lainnya.

0 komentar